middle income trap pt.1

nama gue, Je.
umur, 25 tahun.
kerjaan, puji Tuhan, karyawan tetap.
gaji, mendekati 2 digit.

gue disini mau sharing dikit kehidupan gue di usia gue 22 tahun
disaat first jobber gue, dan disaat gue menikmati masa-masa puncak remaja gue.

di umur 22 tahun, gue dapet kerjaan tetap, ga beberapa lama setelah gue tamat kuliah.
bisa lo bayangin betapa bahagianya gue dimasa itu?

yap, disaat itu gue terkena syndrome yang millenials sebut "middle income trap"

dengan gaji yang udah cukup lumayan, diatas 5mio, status TK/0, tanggungan tidak ada, lo bisa bayangin hidup gue se-YOLO dan se-MOFO apa?

tiap hari kerjaan nongkrong.
bosen dikit cabut ke mall.
kecengin cewe sana-sini.
ajakan orang-orang gue terima aja gitu.
dikit-dikit bosenan.
kerjaan seneng-seneng aja.

ehh, tapi, kalo kerjaan tetap maksimal dong.
gue sadar itu adalah sumber penghasilan utama gue,
ga mungkin gue selumbar di kantor dong yhaaaaa.

yang gue sesali di masa itu adalah,
yah itu tadi, syndrome "middle income trap"

disaat income tetap dan lingkungan lo juga makin meninggi,
gaya hidup dan tuntutan hidup gue juga ikut meninggi lho yha.

dari yang cuma makan di warung biasa di pinggir jalan atau ngebekal masak sendiri dirumah (iye, walau gue TK/0, gue laki, tapi gue bisa masak, udah jadi kebiasaan di keluarga gue)
nah, gara-gara syndrome itu, gue tiap hari makan di luar mulu, udah gitu harus di level cafe atau minimal warung kopi kekinian gitu deh, minimal yang middle level lah.
gue ikut-ikut gaya senior kantor, yang notabene penghasilan udah di level 2-digit, udah nikah, udah lama kerja, dan jauh dari keluarga, jadi yah mau gak mau, gue ikutan makan diluar bareng mereka.
padahal sebenernya, ga perlu-perlu amat gue ikutin, tapi karena udah kebiasaan, udah ngerasa lebih enak dengan kehedonan ini, akhirnya, gue terjebak di "trap" yang gue buat sendiri.

"terus Je, intinya lo daritadi cerita, paan yak?"

iya, gue mau sharing aja sih.
buat para millenials diluar sana, terutama nih yang baru fresh graduate, first jobber, jangan ampe kejebak sama "middle income trap" atau "trap" apapun yang lo ciptakan atau yang lo biasain.
itu semua cuma mindset.
buang-buang duit dan waktu lo.
jangan mau kejebak sama lingkungan yang menuntut lo harus begini dan begitu.

lo yang tau arah hidup lo.
lo sendiri yang kontrol hidup lo.
lo sendiri yang tau sebenernya kebutuhan hidup lo apa.
lo sendiri yang ngatur keuangan lo.

jangan, sampai kejadian kayak gue.

"ntar Je, emang lo kenapa?"

di umur 23 tahun, gue mulai mengalami kemunduran.
mentally and financially.

KOK BISA?

bisa dong.

lo kan dah tau seboros apa hidup gue di umur gue 22 tahun.
gue ga mikir ke masa depan gue.
gue keenakan dengan hidup serba hedon dan YOLO.

gue baru tersadar, disaat ada seorang gadis yang mendekat ke gue.

gue sadar, gue deket sama nih cewe bukan buat main-main bro.
gue sadar, nih cewe beda.
gue sadar, ini cewe bakalan mewarnai hidup gue.

"melankolis lo Je"

kaga, ini gue beneran sadar kok.

cewe ini beda.
beda deh sama cewe-cewe yang gue deketin atau deketin gue di saat gue hidup dengan trap gue itu.

bukan, karena visually good or something gitu.
doi itu ngedeketin gue dengan hati yang baik banget.
kalem gitu.
adem gue kalo liat doi.
dia juga terkadang menggelitik gue dengan beberapa siraman rohani,
yang akhirnya membuat gue sadar,
ini cewe yang pantes buat jadi calon istri gue.
buat jadi pasangan sehidup semati gue ke depan nanti.

tapi, tidak semudah itu ferguso...

lo dah tau kan hidup hedon mendatangkan apa?

yap, gue mengalami inflasi keuangan.
yap, kebiasaan hedon juga tidak mudah dikendalikan.
yap, gue juga mulai jauh dari Tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Craig David feat. Sting - Rise And Fall

Love Myself

people come and go (but Jesus always there beside us)