Apa itu Start-Up? (What is Start-Up?)

Mungkin akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah Start Up.
tapi sebenernya tau ga sih definisi Start Up itu apa?
Banyak yang mengira,
Start Up itu yaaaaah usaha, bisnis, rintisan,
ada juga yang bilang ranah bisnis di bidang teknologi informatika,
atau juga ranah bisnis yang mengandalkan teknologi.

Yah emang unsur-unsur diatas ada di dalam Start Up,
tapi bukan itu definisi yang sebenarnya.

Mengutip dari Wikipedia, Perusahaan rintisan, umumnya disebut startup (atau ejaan lain yaitu start-up), merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah "startup" menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Agak bingung ya kalo baca definisi dari Wikipedia...

Mungkin agar lebih mudah paham,

Start-up (Perusahaan Rintisan) adalah perusahaan yang baru berjalan dan berkembang dengan cepat dengan menerapkan teknologi untuk menjalankan usahanya. Yang terpenting dalam Start-up Business adalah, usaha yang berkembang dengan cepat, mengikuti perkembangan yang ada dalam masyarakat dan juga sering memberikan kontribusi inovasi untuk memudahkan masyarakat. Artinya, perusahaan Start-Up ini tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Adapun karakteristik dari startup antara lain adalah sebagai berikut:
  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari US$100.000 per tahun atau Rp1,35 miliar per tahun
  • Masih dalam tahap berkembang
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui website
Ada beberapa jenis pendanaan yang bisa di peroleh oleh sebuah perusahaan startup:
 
Bootstraping

Mencari sendiri sumber pendanaan melalui sumber daya yang mereka miliki baik melalui link atau kenalan yang dimiliki. Sampai menemukan investor yang tertarik mengucurkan uang untuk model bisnis yang dimiliki.

Seed Funding

Cara ini biasanya melakukan presentasi kepada perusahaan yang dirasa mampu memberikan pendanaan kepada startup yang dimiliki untuk membuktikan bahwa ide bisnis dapat berjalan dengan baik sebelum memperoleh pendanaan lebih lanjut.

Seri-A, B, … Funding

Biasanya tahapan ini dimiliki oleh perusahaan yang sudah memiliki nama atau dikenal oleh banyak orang dan sudah siap menerima pendanaan dari Venture Capital. Perusahaan startup menawarkan saham sebagai timbal balik dari pendanaan yang diperoleh dari Venture Capital.


Perkembangan Start Up di Indonesia terbilang cukup signifikan...

Banyak pemain baru bermunculan dalam setiap bulannya. Bahkan menurut dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya 1.500 perusahaan startup lokal yang ada di Indonesia.
Hal ini terjadi karena adanya peningkatan pesat dalam potensi penggunaan internet di masyarakat. Dengan demikian, ini merupakan potensi untuk mendirikan sebuah startup, terutama di Indonesia.


Naaaah, apa saja sih perusahaan Start-Up di Indonesia?


Bukalapak

Bukalapak merupakan "Unicorn" ke-empat di Indonesia. Istilah "Unicorn" sendiri merujuk pada startup dengan valuasi mencapai 1 miliar dollar AS atau setara Rp 14,2 triliun.

Bukalapak merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring (online marketplace) di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko daring) yang dimiliki dan dijalankan oleh PT. Bukalapak. Bukalapak didirikan pada 10 Januari 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid di sebuah rumah kos di Bandung, Jawa Barat.


Gojek

Di era zaman now ini, siapa yang gatau sama perusahaan Start-Up satu ini?

Diawali dengan menawarkan jasa ojek online bagi masyarakat, kemudian ke ranah taksi online, bahkan sekarang menawarkan berbagai fitur seperti jasa pengiriman, jasa kecantikan, jasa kebersihan, bahkan juga sudah mengembangkan fitur pembayaran digital, dan masih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan dalam satu aplikasi.

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan GO-JEK merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang melayani angkutan melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Saat ini, GO-JEK telah tersedia di 50 kota di Indonesia. Hingga bulan Juni 2016, aplikasi GO-JEK sudah diunduh sebanyak hampir 10 juta kali di Google Play pada sistem operasi Android. Saat ini juga ada untuk iOS, di App Store. Go-jek juga menyediakan layanan pembayaran digital yaitu Go-Pay. Layanan Go Jek juga memenuhi kebutuhan setiap hari, Saat ini Go-jek sedang terus melakukan Ekspansi ke Negara - Negara di Asia Tenggara, dan kini sudah ada di Thailand dan Vietnam kabarnya Gojek akan merilis di Singapura dan Flipina selanjutnya.


Tiket.com

Tiket.com adalah situs web yang menyediakan layanan pemesanan hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, penyewaan mobil, tiket konser, tiket atraksi, tiket hiburan dan tiket event yang berbasis di Jakarta, Indonesia

Tiket.com didirikan oleh Wenas Agusetiawan, Dimas Surya Yaputra, Natali Ardianto, Mikhael Gaery Undarsa pada bulan Agustus 2011. Pada awalnya, Wenas Agusetiawan membeli domain tiket.com dan mengajak beberapa kolega untuk membuat sebuah situs web untuk melayani pemesanan tiket pesawat dan kereta api. Tiket.com merupakan salah satu rekan bisnis Kereta Api Indonesia di Indonesia. Tiket.com juga bekerjasama dengan berbagai maskapai di Indonesia untuk memudahkan orang untuk pemesanan tiket pesawat melalui internet.

Tiket.com merencanakan kerjasama dengan sejumlah perusahaan di kawasan Hongkong, Australia, China dan Malaysia untuk membuka cabang Tiket.com yang baru. Natali juga senantiasa optimis bahwa Tiket.com mampu mencapai posisi yang mampu menjual saham kepada masyarakat (dikenal dengan istilah Initial Public Offering (IPO)) dalam beberapa tahun ke depan berbekal kejelian dalam mengamati iklim investasi yang berkembang di Indonesia.


Udah dapet deh ya gambaran tentang apa itu Start-Up dan gimana perkembangannya di Indonesia.


Mungkin, buat teman-teman yang pengen juga belajar Start-Up atau pengen memulai merintis usaha Start-Up tapi masih belum mumpuni, boleh silahkan mampir ke link di bawah ini :


Link Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mencetak 1000 startup yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Gerakan ini diinisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. KIBAR adalah sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota.


Naaaaah, buat teman-teman yang mau tahu apa aja perusahaan-perusahaan Start-Up yang ada di Indonesia dan Top Ranking nya, silahkan mampir ke link di bawah ini :


Link Startup World Rangking


Selamat mencoba merintis Start-Up Business!

#StartUpIndonesia
#Gerakan1000StartupDigital
#IndonesiaBisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Craig David feat. Sting - Rise And Fall

Love Myself

people come and go (but Jesus always there beside us)